Wow !! Lalu Muhammad Zohri terkenal karena prestasi


Siapa yang tak kenal dengan Lalu Muhammad Zohri, yang baru-baru ini menjadi sorotan berbagai media. Setelah berhasil  meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior 2018 di Finlandia, muncul fakta kehidupan Zohri dan beragam opini mengenai kemenangannya.  Namun, saya tidak akan membahasnya disini.


Artikel ini, saya dedikasikan untuk Muhammad Zohri atas perjuangannya menggapai keberhasilan yang mengharumkan Indonesia di kancah Internasional.

Lalu Muhammad Zohri, Sprinter muda dari NTB


Sekilas tentang Lalu Muhammad Zohri, ia lahir di lombok utara, Nusa Tenggara Barat. Atlet kelahiran tahun 2000 ini memiliki segudang prestasi yang agak nerbeda dengan kehidupan pribadinya. Di Tanah Air, pujian dan apresiasi membanjiri, baik dari para pejabat, politisi, maupun masyarakat.


Dibalik kehidupannya yang serba sederhana menjadi motivasi tersendiri bagi setiap kalangan, terutama kalangan menengah kebawah. Ada dorongan baru bagi mereka untuk memperbaiki kehidupannya.  Prestasi Lalu Muhammad Zohri di usia yang masih muda, mengajarkan sekaligus menyadarkan pada generasi penerus bangsa untuk berusaha sekuat tenaga demi sebuah hasil yang tidak serba instan.

Pencapaian prestasi Zohri sebelum meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 terbilang panjang. Sebelum maju di babak final Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018, Zohri lolos dalam babak semifinal dengan waktu 10.24 detik di semifinal, finish di posisi ke-2 di belakang sprinter Amerika Anthony Schwartz (10.19).

Catatan Prestasi Lalu Muhammad Zohri


Diantara sejumlah prestasi yang diraih oleh Lalu Muhammad Zohri, dilansir dari grid.id

1. Zohri mendapatkan tiket mengikuti Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 (IAAF World U20) di Tampere, Finlandia, setelah mencatatkan waktu terbaiknya, 10,25 detik, di Invitation Games (test event Asian Games 2018).

2. Pada awal Juni 2018, Zohri meraih emas di Kejuaraan Atletik Asia Junior yang diadakan di Gifu, Jepang. Catatatan waktu yang diperoleh siswa SMA Ragunan Jakarta Selatan ini adalah 10,27 detik.

3. Zohri juga berhasil meraih waktu terbaiknya sebesar 10,36 dalam ajang Westwood Rafer Johnson & Jackie Joyner-Kersee Invitational yang diselenggarakan di Amerika Serikat.
Hasilnya, Zohri juga sudah menyumbang medali perak untuk nomor 100 meter

4. Zohri masuk ke Pelatnas pada Januari 2018 setelah pelatih Eni Nuraeni memantaunya di Kejurnas PPLP yang diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Catatan waktu Zohri memang belum memecahkan rekor seniornya sesama atlet Pelatnas.

5. Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri menjadi pelari tercepat di nomor 100 meter pada kejuaraan Dunia U20 IAAF, di Tampere, Finlandia, Rabu (11/07/2018).Ia mengungguli para favorit juara seperti duo Amerika, Anthony Schwartz (10.22) dan Eric Harrison (10.22) serta sprinter Afrika Selatan Thembo Monareng (10,23). Atlet Inggris, Dominic Ashwell mencatat waktu 10.25 detik.



Unggulan lainnya, Henrik Larsson dari Swedia yang menorehkan waktu 10.22 detik di semi final, terseok di urutan 6 dengan catatan waktu 10.28 detik.

Zohri turun di nomor final dengan predikat juara Asia U20, Juni lalu dengan catatan waktu terbaik 10.27 detik yang dipertajam di Jakrta menjadi 10.25.

Namun di semi final, Zohri mampu menorehkan waktu 10.24 detik, hanya 0.05 detik di belakang atlet AS, Anthony Schwartz.

Namun di final, Zohri mampu melejit dan mengatasi dua pesaing utamanya asal AS tersebut.

Related Posts

0 komentar untuk Wow !! Lalu Muhammad Zohri terkenal karena prestasi