Cara-Membaca-Karakter-orang


Membaca Karakter Seseorang bisa dikatakan susah-susah gampang. Kalau kamu mencoba untuk mengenal seseorang yang baru saja kamu temui, maka kamu bisa cari tahu Karakter Orang tersebut dengan cara- cara ini.

Setiap orang pasti memiliki karakter dalam dirinya. Namun, karakter seseorang tidak bisa disimpulkan dengan melihat sikap dan perilaku yang dia tampakkan. Karakter bisa jadi merupakan hal tersembunyi dalam diri seseorang. Untuk mencari tahu karakter seseorang, maka kamu harus gali lebih mendalam tentang dirinya.

Kali ini, blogaku bakal berbagi tips membaca karakter seseorang melalui  artikel yang ditulis dengan judul "7 Cara Membaca Karakter Seseorang dengan Tepat". Yuk ! Simak baik-baik yaa..

1. Membaca Karakter Melalui Tatapan Mata


Banyak studi yang mengatakan bahwa komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggambarkan diri kita seperti apa.

tatapan-mata

Tatapan Mata yang Tidak Bisa Diam


Jika Kamu bertemu dengan seseorang dan mengobrol bersama, perhatikan bola matanya. Jika bola matanya sering kali berputar, dapat diartikan jika dia sedang menyembunyikan sesuatu atau karena hal lain. Dengan sikapnya yang seperti itu, bisa diartikan jika lawan bicara mempunyai sifat introvert, tertutup, pemalu, suka menyendiri, dan kurang bersosialisasi.

Tatapan mata yang dingin


Apakah Kamu pernah bertemu dengan lawan bicara seperti ini? Tatapan seperti orang menerkam, atau seakan akan marah dengan kita. Seseorang dengan tatapan seperti ini biasanya memiliki kepribadian yang emosional, mudah marah, tidak sabaran, dan keras. Tetap pada pendapatnya, walau terkadang salah.

Tatapan langsung ke lawan bicara


Tipe lawan bicara seperti ini merupakan tipe yang cukup menarik. Jika Kamu berbicara dengannya, dia akan sangat penasaran dengan apa yang Kamu ceritakan, dan Kamu merasa dihargai. Dari sikapnya akan terlihat bahwa dia memiliki kepribadian yang hangat pada orang lain di sekitarnya, percaya diri, mudah bergaul, dan memiliki kreativitas yang tinggi.

Tatapan mata yang sayu


Bila lawan bicara mempunyai tatapan mata seperti ini, bisa dikatakan dia memiliki pribadi yang pemalas dalam hal apa pun, terutama pekerjaan. Dengan tatapan ini, ia juga memiliki kepribadian yang mempunyai tingkat nafsu yang tinggi, sulit berkomitmen, tapi ia juga memiliki sifat yang romantis terutama pada pasangannya. Tipe tatapan ini juga termasuk dalam kepribadian ambivert, di mana mood-nya cepat sekali berubah, dan tidak konsisten terhadap suatu hal.

2 . Membaca Karakter Melalui Gesture Tubuh


Kemampuan memahami bahasa tubuh dapat membawa kesuksesan baik dalam hubungan personal maupun profesional, karena komunikasi nonverbal memberi makna hingga 60% dalam komunikasi antarpribadi. Oleh karena itu, memperhatikan sinyal bahasa tubuh yang dikirim orang lain dan kemampuan membaca isyarat tersebut dengan efektif adalah keterampilan yang sangat berguna. Dengan sedikit perhatian, Kamu bisa belajar membaca bahasa tubuh dengan akurat. Dan dengan latihan yang cukup, membaca bahasa tubuh akan menjadi kemampuan alami Kamu

gesture-tubuh

Jabat tangan


Jabat tangan, mungkin terdengar seperti persoalan sepele. Namun, tahukah Kamu kalau kepribadian seseorang dapat tergambar ketika jabat tangan?

Dalam laman pribadinya, psikolog di Universitas New Hampshire, Amerika, John D Mayer, mengutip riset dari Universitas Alabama tahun 2000 yang membahas tentang arti jabat tangan. Menurutnya, cara jabatan tangan seseorang merupakan sedikit gambaran dari kepribadian orang itu.

Dalam riset itu menyimpulkan, jabat tangan dengan erat menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang yang tegas, lebih sopan, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namun yang perlu diingat, Kamu harus tetap mengontrol seberapa erat jabatan tangan Kamu --jangan sampai menyakiti orang yang Kamu temui.

Sementara, menurut riset yang diterbitkan oleh Jurnal of Applied Psychology tahun 2008, menunjukkan bahwa orang dengan jabat tangan yang erat, memiliki kecenderungan lebih besar untuk direkrut oleh perusahaan.

Menyembunyikan tangan


Menururt buku "Crazy Good Interviewing" karya John B. Molidor dan Barbara Parus, ketika seseorang berupaya menyembunyikan tangannya, hal tersebut bisa diartikan bahwa orang tersebut seperti sedang memegang sesuatu yang tidak ingin diketahui orang lain.

Senada dengan Malidor dan Parus, profesor dari Universitas Louisville di Amerika, Anita Barbee menganalogikan soal buruknya sikap orang yang menyembunyikan tangannya. Menurutnya hal tersebut sama saja dengan "seseorang mungkin memberitahumu sesuatu, namun isyarat tersebut menunjukkan kalau orang tersebut tak mau menceritakan keseluruhan dari ceritanya".

Menyentuh bagian wajah


Sering menyentuh wajah menggambarkan kalau Kamu sedang gugup. Seorang mantan anggota FBI dan penulis buku "What Every Body is Saying", Joe Navarro, mengatakan kita bisa merekam orang yang sedang gugup dan memutar ulang rekaman tersebut dengan mempercepatnya, "Hal itu sangat lucu, kita bisa tahu seberapa sering kita menyentuh diri kita sendiri saat sedang berada di bawah tekanan". Selain meremas wajahnya sendiri, lazimnya orang juga akan mendorong pipi mereka atau menggosok dahi. Menurut Navarro hal tersebut adalah bagian upaya untuk menenangkan diri.

Bersedekap


Penelitian membuktikan bahwa kita lebih tertarik pada orang-orang yang ramah, baik ramah secara verbal maupun non verbal.

Orang dengan posisi menyilangkan tangannya ke depan tubuh dianggap tidak ramah. Hal ini diperkuat dengan riset dari Proceedings of the National Academy Of Science, Amerika tahun 2006. Riset tersebut menunjukkan bahwa orang dengan posisi tangan yang disilangkan ke depan lebih sulit mendapatkan pasangan di aplikasi kencan, karena dianggap 'kurang ramah'.

Sama sekali tidak menggerakan tangan


Meski terlihat sederhana, ternyata menggerakkan tangan saat Kamu bicara akan membantu orang lain untuk mendapatkan gambaran dari apa yang sedang Kamu bicarakan. Ajaklah orang untuk masuk dalam lingkupmu dengan memperlihatkan gaya bahasa tubuh yang lebih terbuka. Dengan demikian, kamu sedang tidak menyembunyikan sesuatu.

3. Membaca Karakter Melalui Tulisan Tangan


Sifat seseorang dari tulisan tangan merupakan Ilmu Grafalog (membaca Rahasia sifat seseorang dari tulisan tangan). Ada dua metode untuk menilai karakter dan kepribadian lewat ilmu ini, yaitu teknik Jerman dan teknik Perancis. Metode Jerman dengan cara melihat secara keseluruhan tulisan seseorang. Sedangkan pada Metode Perancis cenderung menganalisa per huruf lalu digabungkan. Seorang pemula biasanya mempelajari Metode Perancis terlebih dahulu.

tulisan-tangan

BESAR KECILNYA TULISAN


Sifat seseorang dari tulisan tangan Dilihat dari sudut pandang besar kecilnya tulisan terdapat empat kriteria penting yaitu: kecil, sedang, besar, dan sangat besar.


  • Tulisan yang berukuran kecil

menunjukkan sifat pendiam, sering menyendiri tapi punya otak yang cemerlang dan pikirannya selalu ilmiah. Orang dengan tulisan seperti ini nalarnya logis.

Tulisan tangan yang ditulis kecil-kecil tapi jelas mudah untuk dibaca menunjukkan penulisnya pandai, juga punya konsentrasi kuat, walau sayang tipe ini kadang suka sekali menonjolkan keilmuannya. Sedangkan jika tulisan tangan kecil dan susah membacanya berarti sang penulis adalah orang bertipe mandiri dalam hidupnya.


  • Tulisan tangan sedang

mengandung makna bahwa penulisannya adalah orang yang sangat terpaku kepada tradisi kuno, atau hal-hal yang bersifat formil modern. Tipe ini sangat jitu dalam penggunaan logika untuk dasar referensi keputusan-keputusannya.


  • Jenis tulisan tangan yang besar

menunjukkan besarnya ambisi seseorang namun murah hati dan selalu ingin dihargai oleh orang lain, di samping suka melebihkan omong-omongan yang kurang perlu.


  • Tulisan tangan yang sangat besar

menunjukkan bahwa penulisnya sangat hati-hati dalam segala hal, gemar membuat perhatian bagi sekelilingnya, banyak over aktingnya dalam mencari perhatian, ingin selalu tampil di depan, karena dia gemar berpetualang kemana-mana, mengikuti panggilan jiwanya.

GAYA TULISAN


Sifat seseorang dari tulisan tangan Dalam spesifikasi Gaya Tulisan ini terbagi ke dalam lima sub. Masing-masing, adalah:


  • Gaya sambung biasa

Orang yang punya model tulisan begini biasanya senang memberi respon pada setiap masalah, bisa menerima ide dari orang lain, mudah bergaul dan disenangi teman. Baginya berbakat untuk menjadi seorang pemimpin.


  • Gaya sambung berbentuk petak

Mengandung arti penulisnya mudah dipengaruhi, selalu menilai enteng setiap persoalan, hingga tindakannya kadang terkesan sembrono, tanpa pemikiran matang.


  • Gaya Sambung Berliku

Tulisan yang banyak luka-likunya, mengandung makna bahwa penulisnya sangat formil, hati-hati dan sering menonjolkan status, namun umumnya sifat mereka pendiam, gemar menyendiri dan biasanya banyak memiliki keahlian atau bakat.


  • Gaya Lurus dan Lancip

Tulisan tangan model demikian menunjukkan penulisnya orang agresif, sangat tekun mengerjakan sesuatu, walau kadang enggan berkompromi dengan orang lain. Bila lancipnya pada huruf awal saja maka pertanda dirinya orang yang banyak mengalami konflik psikologis, sehingga kadang bersikap agresif.


  • Gaya Campuran

Bentuk tulisan bersambung yang tak karuan menuliskan cepat, dan kadang sukar membacanya hal ini mengandung arti bahwa penulisnya adalah orang yang biasa berpikir cepat, kreatif tapi paling tersinggung kalau dikritik. Bahkan, bila tidak sesuai dengan kehendaknya jangan harap orang bisa mendapatkan bantuannya karena dia paling doyan mengelak dalam memberi pertolongan.

KEMIRINGAN TULISAN


Sifat seseorang dari tulisan tangan dari Bentuk kemiringan tulisan tangan, apakah itu miring ke kiri atau ke kanan, atau tegak lurus.

Mereka yang tulisannya miring ke kiri menunjukkan penulisnya bersikap tertutup (introvet). Segala sesuatu diukur menurut penilainnya sendiri atau menurut ukuran masa lampau. Disamping mempunyai sikap konservatif, orang dengan tipe tulisan ini sangat individualis.

Jenis tulisan miring ke kanan, menandakan orang yang ramah, aktif dan bersikap terbuka (extropet), berani menghadapi tantangan baru. Dalam bekerja kata hatinya merupakan power yang penting, tapi dalam hal yang kurang dikuasai dia lebih banyak untuk menanyakan kepada ahlinya.

Tulisan tangan yang bentuknya tegak, mengandung arti bahwa penulisnya adalah tipe orang yang tak suka banyak diatur. Baginya dia adalah miliknya sendiri, kebebasan menjadi hobinya dalam mengerjakan sesuatu tindakan, namun kontrol diri tidak pernah lepas dalam memilah dan memilih hal yang dianggapnya positif.

TEKANAN TULISAN


Sifat seseorang dari tulisan tangan dari bekas tulisan. Bila kita memperhatikan bekas tulisan tangan seseorang akan ditemukan tampak goresan tekanan tulisan seperti tercetak di baliknya. Dengan memperhatikan bekas goresan yang tercetak di balik kertas kita akan dapat mengetahui dan menebak bagaimana kepribadian dan tingkah laku si penulisnya.

Tekanan yang halus berarti pembawaannya tenang, tapi mudah atau tidaknya dibaca itu bukan persoalan.

Sedangkan tulisan yang bekas tekanannya tercetak jelas di belakangnya menandakan penulisnya punya sifat kaku dan formal. Karenanya orang ini sulit untuk bisa cepat menyesuaikan diri dalam pergaulan, namun dia menganggap bersikap demikian penting baginya agar dihargai orang lain.

BENTUK HURUF AWAL


Sifat seseorang dari tulisan tangan dalam bentuk tulisan. Diantara orang ada yang gemar memainkan bentuk tulisannya, terutama bentuk awal tulisannya. Beberapa ciri dan kecenderungan karakter si penulis adalah sebagai berikut:


  • Bentuk Jangkar
Disebut bentuk jangkar karena memang huruf awal tulisnya dalam bentuk jangkar. Tulisan ini memberi tanda bahwa yang memiliki tulisan cenderung bersikap kurang dewasa dan kurang percaya diri dalam menjalani hidup. Dia banyak bersikap pasif.

  • Bentuk Busur
Disebut bentuk busur karena memang bentuk awalnya membentuk busur seperti ditarik. Pemilik tulisan ini biasanya cepat puas dengan hasil yuang dicapai, dan hidupnya sangat berpandangan kuat akan nilai-nilai religius.

  • Bentuk Memanjang
Huruf awal memanjang yang dituliskan pelan-pelan, menunjukkan bahwa orangnya terlalu berhati-hati dalam merencanakan masa depan. Panjanganya huruf awal menunjukkan kelambatan kerja dan pemborosan waktu. Bentuk memanjang dari bawah Bentuk memanjang dari bawah bila digoreskan secara kilat menunjukkan penulisannya orang yang agresif dan cepat menyelesaikan pekerjaan, disamping gemar melakukan berbagai eksprimen.

BENTUK HURUF AKHIR


Sifat seseorang dari tulisan tangan berdasarkan Bentuk akhir kata yang dituliskan, menunjukkan sikap sosial dan kualitas penulisnya. Tentang huruf akhir ini ada tiga model. Masing-masing, adalah:


  • Bila huruf akhir suatu kata ditulis memanjang, mengandung pengertian bahwa orang itu memiliki kemurahan hati, rasa sosialnya besar.
  • Bila huruf akhir memanjang ke atas, berarti penulisnya menyukai kemewahan, disamping idealis dan punya semangat yang tinggi.
  • Bila huruf akhir menyilang berarti tidak segan mengritik diri sendiri apabila perbuatannya memang salah atau keliru.


5. Membaca Karakter Melalui Komunikasi


Melihat karakter seseorang dapat diketahui melalui cara orang tersebut berkomunikasi. Hal ini adalah ciri yang paling dapat dilihat jelas akan menunjukkan karakter seseorang.

Jika seseorang cenderung senang membicarakan diri sendiri, kemungkinan besar ia memiliki sifat yang keras kepala, egois dan sulit berbagi.

Sebaliknya, jika seseorang lebih mendengarkan orang lain daripada membicarakan diri sendiri, kemungkinan orang itu bersifat ramah, rendah hati dan mudah berbagi.

6. Membaca Karakter Melalui Cara Berjalan


Setiap pilihan yang kita buat secara tidak sengaja mengungkapkan sesuatu tentang pemikiran dan kecenderungan pikiran kita. Misalnya saja soal cara berjalan. Bukan hanya menunjukkan seberapa sibuk kita, tapi juga sedikit banyak mengungkapkan kepribadian.

Sebuah studi terbaru dilakukan untuk melihat kaitan antara bagaimana cara orang berjalan dengan kepribadiannya. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan 15.000 orang dewasa berusia 25-100 tahun sebagai sampel.

Dilansir dari Sage Journal, cara seseorang berjalan ternyata bisa mengatakan tentang siapa orang itu sebenarnya. Mereka yang berjalan dengan cepat cenderung memiliki kepribadian ekstrovert, teliti dan terbuka terhadap pengalaman baru. Sementara orang-orang neurotik (mudah gelisah) cenderung berjalan dengan lambat.

Studi tersebut juga menemukan bukti kuat bahwa kecepatan berjalan di masa dewasa mencerminkan sebagian kepribadian individu. Penelitian ini terkesan cukup rasional. Tapi, temuan ini hanya menunjukkan korelasi bukan sebab-akibat. Jadi, mengubah kecepatan berjalan tidak langsung mengubah kepribadian Kamu.

7. Membaca Karakter Melalui Gaya Selfie


Di era modern seperti sekarang ini, smartphone sudah dibekali beberapa fitur yang mumpuni. Di antaranya fitur kamera canggih yang bisa menghasilkan gambar bagus. Dengan adanya fitur kamera tersebut, kalangan anak muda hingga orang tua memanfaatkannya untuk tampil narsis melalui selfie.

gaya-selfie


Namun di balik foto selfie tersebut, ternyata kita bisa mengetahui karakter seseorang berdasarkan jenis gaya fotonya.Seperti dikutip dari citizen6.liputan6.com, berikut ini:

Friend selfie


Suka foto selfie bersama teman-temannya cenderung pribadi yang easy going dan supel. Ia memiliki banyak teman dekat. Ia juga suka berbagi momen seru pada banyak orang dan tak suka menutup-nutupi keseruannya.

Couplie


Couplie adalah kepanjangan dari couple selfie. Ini merupakan selfie yang dilakukan bersama pasangan dan termasuk gaya selfie paling populer. Seseorang yang sering melakukan selfie jenis ini biasanya orang yang sangat bangga dengan pasangannya. Ia juga tidak segan menunjukkan kemesraan bersama pasangannya pada dunia.

Belfie


Merupakan istilah untuk seseorang yang suka foto selfie sambil mengenakan pakaian super seksi. Biasanya, orang yang seperti ini memiliki kepercayaan diri tinggi dan begitu mengagumi tubuhnya sendiri. Ia ingin dunia tahu dirinya memiliki tubuh seksi dan menggoda.

Gym selfie


Tak jauh berbeda dari belfie. Bedanya, selfie jenis ini lebih banyak dilakukan oleh kaum urban usai olahraga di gym. Orang-orang ini biasanya ingin memamerkan tubuh dan otot mereka yang berbentuk untuk menarik perhatian orang lain.

Make up selfie


Merias wajah merupakan hobi wanita yang paling umum. Untuk para wanita yang gemar melakukan selfie dengan make up tebal, biasanya ingin memperlihatkan kepandaiannya dalam mengenakan make up dan ingin terlihat cantik di depan orang-orang.

No make up selfie


Berkebalikan dengan sebelumnya. Wanita yang melakukan selfie jenis ini termasuk orang yang percaya diri. Mereka berani menunjukkan diri mereka apa adanya. Mereka juga mencerminkan keyakinan dan kecantikan alami.

Filter selfie


Seseorang yang selalu memakai filter kamera sebelum mengunggah foto selfie, berarti orang yang kurang percaya diri. Mereka juga cenderung menutupi diri dan hanya ingin orang lain melihat diri mereka dalam keadaan yang sempurna.

Braggie


Merupakan sebutan untuk selfie yang dilakukan saat berlibur ke suatu tempat. Orang-orang jenis ini biasanya memiliki sifat suka memamerkan momen liburan mereka ke orang lain. Mereka juga suka membuat orang lain iri sekaligus mengajak untuk ke tempat tersebut.

Itulah tips membaca karakter seseorang yang bisa kamu coba lihat pada orang-orang yang baru kamu kenal. Semoga artikel yang berjudul 7 Cara Membaca Karakter Seseorang dengan Tepat dapat bermanfaat buat para pembaca.

Jangan lupa share ke temen-temen ya !

Related Posts

0 komentar untuk 7 Cara Membaca Karakter Seseorang dengan Tepat