Nguli-yah-lah, Kuliah itu tidak mahal 

Halo, makasih udah mampir di blog gua "Blogaku|Blogging for Inspiring".

Ngomongin soal kuliah, satu kata yang sering muncul adalah mahal, susah, duit, mahal, susah, duit, itu-itu mulu siklus kata yang muncul. Persepsi banyak orang yang mengatakan bahwa kuliah itu mahal, sebenarnya tidak dibenarkan sepenuhnya dan tidak juga salah. Anggapan masyarakat yang demikian itu pada dasarnya karena mereka merasa tidak mampu secara finansial untuk membiayai kuliah.



Kalo mereka bilang "Ngapain kuliah? ngabisin duit, mahal". Jawab aja "Ada banyak beasiswa, bisa ambil bidikmisi".

Bidikmisi, insyaallah bisa di dapetin kok, kalo kalian merasa kurang mampu secara finansial dan mampu secara prestasi. Kalo udah bisa lolos seleksi masuk PTN, menurut gua itu udah punya prestasi. Karena, masuk PTN itu engga segampang masuk sekolah. Kalian butuh strategi yang jitu agar bisa masuk PTN impian kalian.

Gua angkatan SBMPTN 2018, kalian bisa baca sepotong celotehan gua tentang kuliah itu tidak mahal berikut ini.

Ibu selalu melarang Hojro melanjutkan mimpinya. Setiap pagi sebelum ayam berkokok, Ibu bangunkan Hojro buat tahajud. Kata Ibu "sudahi saja mimpimu, sekarang bangun dan gerakkan tubuhmu itu. Kau bilang ingin kuliah, tapi bangun tidur saja susah".
Beda lagi, dibanding si Amra.
Amra itu rajin & cerdas, tapi Bapaknya tak macam Ibu Hojro. Sebab Kuatnya Bapak Amra mengira bahwa kuliah adalah musibah bagi saku kecil keluarganya.

(ilustrasi kutipan)

Gua pikir, masalah ngelanjutin kuliah apa engga? itu bukan soal biaya kuliah yang mahal dan sebagainya. Masalah yang sering gua temui dari kasus temen* gua adalah mengenai ijin orang tua. Kalo bicara soal ijin orang tua, maka kita bicaranya harus dengan ke-hati-hati-an.

Orang tua terserah punya pandangan yang seperti apa mengenai kuliah, kalian juga terserah punya keinginan melanjutkan kuliah atau tidak. Jika iya, maka jawaban untuk meyakinkan orang tua adalah dengan tidak memaksakan kehendakmu tetapi dengan metode dari feel to feel. Menurut gua, usaha dari hati ke hati menjadi peranan penting untuk meluluhkan hati orang tua.

Kenapa kuliah itu penting?


Gua engga ngeharusin kuliah, tapi gua pikir kuliah itu penting banget. Ini bukan soal besok bakal jadi apa?, yaa meskipun kuliah pada dasarnya adalah prospek kerja. Secara personal, tujuan kuliah adalah agar mendapat pekerjaan yang lebih baik dan sesuai kompetensi.

Secara normatif, tujuan kuliah adalah mewujudkan tridarma perguruan tinggi. Diantaranya, pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Menjadi mahasiswa bukan semata-mata untuk mengejar IPK agar cepat lulus dan langsung kerja. Namun, mahasiswa juga mengemban tanggungjawab untuk menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

Gua pikir kuliah itu penting baget, bukan melihat kemana tujuannya. Gua awalnya mikir "Kenapa gua ga bisa kuliah?". Dari kebingungan itu gua nyoba nembus gerbang masuk perguruan tinggi lewat SBMPTN. Modal daftar free, karena gua pake bidikmisi. Gua cuma modal trasport buat pergi-pulang tes di kota orang. Dari situ gua paham, susahnya berjuang.
"Kuliah bukan untuk Orang Kaya saja, Gua juga boleh" , karena kuliah itu tidak mahal.

Apakah Kuliah itu Sangat Penting?
Menurut kalian gimana?
Silahkan tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar

Related Posts

0 komentar untuk [PENTING] Nguli-yah-lah, Kuliah itu tidak mahal